Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan dan Akibat Buruknya

 

Bagi sebagian orang yang menyukai jengkol, rasa jengkol itu enak dan baunya tidak mengganggu. Namun bagi orang yang tidak menyukainya maka rasa jengkol itu getir agak pahit dan baunya sangat mengganggu. Namun demikian, ada beberapa manfaat jengkol yang bisa kita rasakan terutama bagi kesehatan. Untuk orang-orang yang berada di suku Sunda, sudah menjadi hal biasa memakannya hanya sebagai lalapan mentah saja. Namun demikian, Jengkol di beberapa daerah bisa dimasak dengan cara dibuat gulai, atau bisa juga diolah dengan dijadikan kerupuk.

Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, namun jengkol memiliki khasiat yang tidak banyak orang yang tahu. Jengkol mengandung serat alami yang sangat baik untuk pencernaan, selain itu juga ada beberapa kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Namun demikian, jengkol juga memiliki sisi negatif saat kita konsumsi. Manfaat jengkol yang tidak banyak diketahui ini sebenarnya justru sangat penting untuk kehidupan kita. Karena banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang menderita penyakit tertentu yang ternyata bisa diobati dengan bahan-bahan alami yang tidak asing.

Agar kita mengetahui lebih dalam tentang jengkol, maka ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat baik jengkol yang bisa kita manfaatkan.

 

Manfaat Jengkol Sebagai Obat Untuk Diabetes

Anda mungkin perlu tahu bahwa jengkol sangat baik untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes. Manfaat jengkol yang sangat baik untuk kesehatan ini sebaiknya juga dikonsumsi meskipun tidak harus setiap hari. Manfaat jengkol untuk diabetes merupakan salah satu kebaikan zat yang terkandung dalam jengkol. Kandungan zat yang ada pada jengkol ini mampu menurunkan gula darah dalam waktu yang bertahap. Untuk mendapatkan manfaatnya ini Anda bisa konsumsi jengkol secara langsung atau dengan cara mengolahnya terlebih dahulu.

 

Manfaat Jengkol Sebagai Obat Jantung Koroner

Manfaat jengkol yang lain adalah untuk mengobati jantung koroner. Penyebab terjadinya jantung koroner sendiri adalah karena terjadi adanya pembuluh darah. Sehingga penyempitan tersebut menyebabkan aliran darah yang menuju ke jantung menjadi tidak lancar. Manfaat jengkol untuk jantung di sini bekerja dengan cara menormalkan kembali pembuluh darah yang menyempit. Yang sangat berperan di sini adalah kandungan mineral pada jengkol yang tergolong tinggi ini.

 

Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa manfaat jengkol sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Mungkin Anda heran, bahwa ternyata jengkol yang memiliki aroma yang sangat menyengat ini ternyata berkhasiat untuk ibu hamil. Manfaat jengkol untuk ibu hamil ini sangat baik karena jengkol memiliki kalsium tinggi. Sedangkan untuk pembentukan tulang dibutuhkan banyak sekali kalsium. Selain kandungan kalsium, kandungan serat pada jengkol juga sangat penting. Karena dapat melancarkan pencernaan, sehingga proses pencernaan pada ibu hamil tidak akan terganggu. Baca juga artikel sebelumnya mengenai Manfaat Pare Dalam Dunia Kesehatan.

 

Nah, setelah mengetahui manfaat jengkol yang sangat baik ini maka jangan menyepelekan jengkol yang memiliki aroma sangat menyengat ini. Anda juga harus konsumsi jengkol sesekali. Sebab pada konsumsi yang berlebih, jengkol juga memiliki efek samping.

 

Efek Samping Jengkol

Bahaya jengkol antara lain adalah sakit pada saat kencing, sakit pinggang, dan juga bau yang menyengat pada mulut dan urine. Namun bagi Anda yang sangat hobi dengan jengkol ini jangan khawatir, karena efek bau yang kurang sedap bisa sedikit di kurangi dengan cara merendam jengkol untuk beberapa hari. Dan Anda juga bisa menawarkan baunya dengan mengunyah beras atau mengunyah kencur.

 

Simak juga manfaat tumbuhan untuk kesehatan lainnya.

Sumber inimanfaat.com