BAHAYA TIDUR TENGKURAP

BAHAYA TIDUR TENGKURAP PADA KESEHATAN ANDA

Tidur adalah hal yang paling nikmat, apalagi setelah kerja seharian dengan tidur bisa mengembalikan kesegaran pada tubuh. Namun apa jadinya jika kita tidur tengkurap? Apakah ada efek negatif dengan tidur tengkurap?

 

Beberapa hal yang dapat terjadi jika kita tidur dengan tengkurap :

1. Mengganggu Sistem Pernafasan

Posisi tidur tengkurap sudah pasti menghadapkan badan pada kasur atau tempat tidur dengan badan menghadap ke bawah. Dengan posisi tersebut secara otomatis hidung akan tertutup oleh bantal sehingga dapat mengganggu pernafasan. Selain itu, bagian dada akan beralih fungsi untuk menopang badan. Sehingga dengan posisi tersebut dada akan menjadi tertekan dan membuat nafas menjadi sesak. Apalagi bagi penderita asma atau sesak nafas, sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi tengkurap sebab dapat memperburuk penyakit tersebut.

 

2. Menghimpit Jantung

Tidur tengkurap juga dapat membuat jantung menjadi terhimpit. Hal ini disebabkan oleh tekanan saat tidur dengan cara seperti ini. Sehingga dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan pada jantung. Selain itu, tidur tengkurap dapat mengganggu kerja sistem saraf pusat atau otak. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh begitu pula ke otak menjadi terganggu karena terhimpitnya jantung tadi. Untuk itu, hindarilah cara ini dan latih anak – anak untuk tidak terbiasa dengan posisi tidur tengkurap.

 

3. Pegal – Pegal

Istirahat seharusnya memberikan rasa segar dan bugar saat bangun tidur. Namun dengan posisi tidur yang salah juga dapat membuat tidur tidak menjadi berguna, malah membuat badan menjadi pegal – pegal. Ini dikarenakan posisi tidur tengkurap, sebab posisi ini harus memiringkan kepala ke kiri atau ke kanan untuk menghindari hidung tertutup oleh bantal. Apabila semalam dengan posisi ini, maka saat bangun nanti rasa pegal – pegal pada leher dan punggung tidak terelakkan.

 

4. Kulit Keriput atau Penuaan Dini

Keriput pada wajah dapat cepat terjadi pada seseorang yang sering tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini disebabkan oleh kulit wajah yang bersentuhan langsung dengan bantal. Bantal yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab jerawat serta mengakibatkan penuaan dini. Ditambah lagi posisi tidur tengkurap dengan memiringkan kepala dapat membuat sering ngeces atau suka berliur.

Selain itu disebutkan dalam dua buah hadist tentang tidur secara tengkurap.

1. Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang.

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

2. Berbaringlah dengan miring kanan. Jangan tidur tengkurap. Abu Dzarz menuturkan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam pernah lewat di dekatku, di saat itu aku sedang tengkurap, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam membangunkanku dengan kakinya sambil bersabda, ”Wahai Junaidab (panggilan Abu Dzar), sesungguhnya berbaring seperti ini (teng-kurap) adalah cara berbaringnya penghuni neraka.” (HR. Ibnu Majah dan dinilai shahih oleh Al-Albani)

Sumber :
~ http://bit.ly/1S1mWMp
~ http://bit.ly/1lFbB6g
~ http://on.fb.me/1K32XtP